Berita

Penyuluhan Mahasiswa KKN FMIPA Unlam Banjarbaru tentang Hidroponik Sederhana dan Peptisida Alami

  • Penulis: sidekaadmin, 11-07-2017 6:41
  • Foto : Foto Bersama Mahasiswa KKN FMIPA Unlam dari Kolam Kanan, Kolam Kiri, Kolam Makmur dengan warga yang menghadiri penyuluhan

    Pada hari Senin (10/07/2017) pukul 15.00 Wita diadakan acara penyuluhan tentang Pembuatan Hidroponik Sederhana dan Pembuatan Peptisida Alami untuk mengusir hama walangsangit yang selama ini meresahkan para petani. Acara ini diadakan di Balai desa sebagai rasa bentuk prihatin terhadap warga yang cukup terganggu dengan tanah yang asam sehingga sulit untuk bertanam/berkebun dan para petani yang kesulitan mengusir hama walangsangit.

    Karena permasalahan diatas maka muncul ide dari Mahasiswa KKN FMIPA Unlam Banjarbaru untuk mengadakan penyuluhan untuk membantu warga. "Penyuluhan Hidroponik Sederhana dan Pestisida Alami untuk Hama Walang Sangit di Persawahan dari teman-teman KKN FMIPA 2017 direspon oleh warga desa Kolam Kanan dengan sangat positif. Sehingga menjadi kepuasan dan kebanggaan yang mendalam dari teman-teman mahasiswa karena berhasil berbagi ilmu pengetahuan yang didapat di bangku perkuliahan yang di terapkan kepada warga desa Kolam Kanan" tutur Holison, pemateri dari Pembuatan Hidroponik Sederhana.

    Sementara untuk mengatasi hama Walangsangit, mahasiswa KKN mengadakan Penyuluhan Pembuatan Peptisida Alami yang berbahan tembakau dan kuliit jeruk. Sarah, pemateri dari Pembuatan Peptisida Alami menyampaikan "Selain bisa berbagi informasi yang diharapkan bisa membantu warga desa Kolam Kanan, kami selaku mahasiswa juga mendapat banyak ilmu dari para warga terutama kelompok tani yang memang sudah berpengalaman di lapangan. Hadirnya para warga serta antusiasnya saat diskusi menjadi hal yang sangat menyenangkan bagi kami".
    Selanjutnya »

    Mahasiswa KKN FMIPA Unlam Banjarbaru Mengadakan Acara Pembuatan Hidroponik Sederhana dan Pembuatan P

  • Penulis: sidekaadmin, 09-07-2017 20:16
  • Foto : Mahasiswa KKN mengundang para warga Kolam Kanan untuk berhadir di acara yang di adakan di Balai Desa

    Mahasiswa KKN FMIPA Unlam Banjarbaru mengadakan acara Pembuatan Hidroponik Sederhana dan Pembuatan Peptisida Alami. Kegiatan ini akan diselenggarakan pada hari Senin (10/07/2017) yang bertempat di Balai Desa Kolam Kanan. Kegiatan ini diharapkan bisa bermamfaat tidak hanya bagi warga Kolam Kanan, tapi juga bagi para mahasiswa KKN Unlam Banjarbaru.
    Selanjutnya »

    Acara PKK dan Sosialisasi serta Demo Pembuatan Simplisia yang Baik dan Benar dari Mahasiswa KKN Faku

  • Penulis: sidekaadmin, 08-07-2017 16:42
  • Mahasiswa KKN dari FMIPA Unlam Banjarbaru mengisi materi di acara rutin PKK Desa Kolam Kanan dengaan materi berjudul "Sosialisasi dan Demo Pembuatan Simplisia yang Baik dan Benar". Hal ini di sampaikan agar warga lebih sadar tentang  bagaimana memamfaatkan dan mengolah bahan-bahan obat yang benar dan khasiatnya benar-benar terasa.
    Selanjutnya »

    Mahasiswa KKN 2017 UNLAM Banjarbaru Belajar Menyadap Pohon Karet dengan Warga Kolam Kanan

  • Penulis: sidekaadmin, 08-07-2017 10:31
  • Salah satu kegiatan dari mahasiswa KKN 2017 dari Unlam Banjarbaru Fakultas MIPA belajar untuk menurih (menyadap) pohon karet dengan salah satu warga kolam kanan. Kegiatan ini juga menjadi sarana berkenalan dengan warga yang ada di desa Kolam Kanan
    Selanjutnya »

    MEMERIAHKAN HUT RI KE-71 DI DESA KOLAM KANAN KEC. WANARAYA

  • Penulis: sidekaadmin, 31-08-2016 12:40

  • Selanjutnya »

    Beginikah Jalan Provinsi

  • Penulis: sidekaadmin, 24-07-2016 9:35
  • Seiring datangnya musim hujan, jalan raya provinsi yang terdapat didesa kolam kanan menjadi becek. Sejumlah tindakan perbaikan jalan seadanya dengan bergotong royong telah dilakukan oleh warga kolamkanan Kec.Wanaraya, akan tetapi upaya itu tidak dapat membenahi jalan secara permanen. Awalnya hanya ada lubang-lubang kecil dijalan ini, namun lambat laun karna tidak diperbaiki rusak jalan semakin parah.


    Jalan rusak yang merupakan akses vital warga kecamatan wanaraya jika menuju marabahan lebih singkat ini disebabkan oleh salah satunya karena banyaknya mobil dan truk bermuatan sawit yang lewat, sehinggha memperparah tingkat kerusakan. Warga sering mengeluh karna rusaknya jalan telah menghambat aktifitas warga terutama anak sekolah. “susah sekali saya pergi kesekolah, apalagi jika hujan datang, sampai sepatupun saya jinjing”, keluh seorang anak sekolah. Menurut warga setempat, tahun 2005 pernah ada pengerasan jalan, namun tidak bertahan lama dan justru sampai sekarang keadaan jalan ini semakin rusak parah.


    “Sebenarnya kolam kanan merupakan akses vital, Seluruh desa di kecamatan Anjir dan Wanaraya ke ibu kota kabupaten”, ucap kepala desa, Endang Sudrajat. Entah mengapa pembngunan di desa ini selalu di kesampingkan, tambahnya. Sama rusaknya dengan jalan kabupaten yang melintas di RT. 4 dan RT. 12. Seandainya jalan di RT itu baik, maka desa Kolam Makmur, Sidomulyo, Roham Raya, Dwipasari, Sumber rahayu, Suryakanta apabila ingin ke marabahan harus melewati kolam kanan untuk menghemat waktu.


    Beruntung selama pertengahan tahun ini, sudah terlihat perbaikan yang signifikan dari pemerintah, namun perbaikan hanya setengah dari target dan hanya memprioritaskan wilayah kantor kecamatan. warga menginginkan agar secepatnya jalan diperbaiki dan diselaikan, takutnya proyek tidak selesai dan berhenti ditengah jalan (mangkrak).


    Penulis : Febi Auliya (Warga)

    Editor : Gusti Rahmad Haryadi  

    Selanjutnya »