Berita

Pengujian dan Pelatihan Otak Besar dan Otak Kecil Siswa SDN Kolam Kanan

  • Penulis: sidekaadmin, 20-07-2017 13:09
  • Foto : Mahasiswa KKN FMIPA Unlam Banjarbaru melakukan pengujian dan pelatiahan otak besar dan otak kecil

    Otak besar adalah saraf pusat yang utama karena berperan dalam pengaturan seluruh aktivitas tubuh, yaitu kecerdasan, keinginan, ingatan, kesadaran, kepribadian, daya cipta, daya khayal, pernapasan dan sebagainya. Setiap dari aktivitas akan dikendalikan oleh bagian yang berbeda, bagian tersebut adalah lobus frontalis (daerah dahi), berhubungan dengan kemampuan berfikir. Lobus temporalis (daera pelipis) dan ubun-ubun mengendalikan kemampuan berbicara dan bahasa. Pada daerah belakang kepala adalah pusat penglihatan dan memori tentang apa yang dilihat. Daerah ubun-ubun selain pusat berbicara, daerah ubun-ubun juga sebagai pusat merasakan panas, dingin dan rasa sakit. Daerah pelipis adalah sebagai pusat  bicara dan pendengaran.

    Otak kecil (Serebelum) terdiri atas dua belahan berliku-liku yang sangat dalam. Fungsi otak kecil adalah untuk mengkoordinasikan kegiatan lokomotor tubuh, antara lain untuk mengaturan otot, posisi, dan keseimbangan tubuh. Rusaknya bagian serebelum ini dapat mengakibatkan seseorang kehilangan koordinasi dalam gerakan otot tubuh. Otak kecil terletak di bawah bagian posterior dari otot besar. Permukaan otak kecil terdapat materi abu-abu yang disebut dengan korteks serebelar. Otak kecil dibagi menajadi tiga lobus yaitu lobus sentral (vermis),  dan dua lobus lateral atau lobus cerebellar.

    Pada Selasa(18/07/2017) mahasiswa KKN FMIPA Unlam Banjarbaru mencoba menguji sebaik mana otak besar dan otak kecil dari para siswa SDN Kolam Kanan. Beberapa tes seperti mimik wajah, kecepatan berpikir, dan mata di uji kepada siswa. Berdasarkan hasil didapat bahwa sekitar 85% otak siswa baik kecil ataupun besar sangat baik. "Berdasarkan hasil pengujian saraf pada otak kecil dan besar pada siswa kolam kanan melalui metode sederhana diketahui  para siswa dapat menyelesaikan tes dengan baik.
    Semoga dengan adanya tes ini serta  penjelasan sederhana yang kami bagi dapat membuat para siswa mengerti bahwa otak kita perlu asupan nutrisi yang ckup untuk dapat bekerja dengan optimal, perlu di asah dan juga istirahat agar sel - sel pada otak tidak mati. Perhatian sederhana yang dapat kita berikan untuk kesehatan otak kita bisa melalui sarapan dengan teratur, tidak begadang dan  makan makanan bergizi" kata Isada Sarah sebagai penanggung jawab pengujian dan pelatihan,
    Selanjutnya »

    Menjadi Apoteker Cilik Bersama Mahasiswa KKN Unlam Banjarbaru

  • Penulis: sidekaadmin, 20-07-2017 10:37
  • Foto : SIswa SDN Kolam Kanan menerima hadiah setelah belajar menjadi apoteker cilik

    Mahasiswa KKN Unlan Banjarbaru kembali mengadakan acara, tapi kali ini tujuannya adalah untuk anak-anak. Acara yang di gagas oleh mahasiswa jurusan Farmasi ini diadakan di SDN Kolam Kanan pada hari Selasa (18/07/2017) ini bertemakan tentang menjadi apoteker cilik. Anak-anak dikenalkan dengan dunia farmasi, diajarkan membuat obat dan menjadi seorang apoteker.

    Ini juga menjadi sarana pengenalan siswa dengan dunia farmasi. Harapannya siswa bisa memiliki cita-cita besar menjadi seorang apoteker yang hebat. "semoga siswa2 dapat mengenal  bidang farmasi dan apoteker, sehingga dapat membuka pikiran siswa-siswa untuk menjadi seorang apoteker "tutur Octavia Isticharah selaku penanggung jawab acara.
    Selanjutnya »

    Mahasiwa KKN Unlam Banjarbaru Mengajarkan Pengenalan Tentang Komputer kepada Siswa SDN Kolam Kanan

  • Penulis: sidekaadmin, 19-07-2017 14:09
  • Foto : Salah satu mahasiswa yang mengajarkan komputer kepada siswa SDN Kolam Kanan

    Dengan semakin majunya teknologi maka manusia juga semakin dituntut untuk mengikuti kemajuan tersebut. Zaman sekarang adalah zaman dimana semua yang dulunya dikerjakan oleh manusia mulai tergantikan dengan komputer. Pekerjaan dibidang komputer masih sangat terbuka meskipun dengan persaingan yang ketat. Contohnya seperti pembuat software-software, meskipun memiliki banyak pesaing namun masih tetap menjadi hal yang menguntungkan secara materi. Makanya disekolah-sekolah maju pelajaran tentang komputer sudah menjadi pelajaran yang wajib dan diajarkan sejak dini.

    Hal tersebut diatas yang melandasi terselenggaranya program kerja dari mahasiswa KKN Unlam Banjarbaru dari Jurusan Ilmu Komputer untuk mengajarkan tentang komputer kepada anak-anak pada hari Rabu (19/07/2017) bertempat di SDN Kolam Kanan . Pengajaran ini tentu disambut baik oleh sekolah dan juga para siswa yang penasaran dengan cara menggunakan komputer, apalagi anak-anak di Kolam Kanan masih belum mengerti tentang komputer dan fungsi komputer tersebut..

    Salah satu penanggung jawab, Rahman Hadi berpendapat "Harapannya agar mata pelajaran TIK diberikan mulai dari kelas 4 agar saat masuk SMP nanti siswa sudah mengenal komputer". Pembelajaran tentang komputer ini bisa menjadi awal agar anak suka untuk belajar komputer tidak hanya menggunakan komputer sebagai alat untuk bermain game tanpa mengetahui bahwa fungsi komputer sangatlah banyak. "Anak-anak harus mengerti bahwa fungsi komputer tidak hanya untuk memainkan game, tapi juga dapat untuk melakukan hal lain seperti mengetik, memutar musik, video dan membuat program. Harapannya setelah adanya pembelajaran ini anak-anak akan tertarik dengan komputer tidak hanya karena game" tutur Muhammad Sa Dillah, salah satu mahasiswa KKN yang mengajarkan komputer.
    Selanjutnya »

    Perbaikan Jalan di Desa Kolam Kanan

  • Penulis: sidekaadmin, 16-07-2017 8:39
  • Foto : Para pekerja dari warga Kolam Kanan dan mahasiswa KKN FMIIPA Unlam Banjarbaru mengerjakan perbaikan jalan Desa

    Hari Sabtu (15,07,2017) mahasiswa KKN FMIPA berinisiatif untuk membantu pengerjaan perbaikan jalan desa yang sedang berjalam dan sekaligus berkenalan dengan warga. Jalan desa menjadi sarana penting warga untuk beraktifitas sehari-hari baik untuk pergi bekerja atau hal yang lain.

    Salah satu pekerja yang juga termasuk warga di Desa Kolam Kanan mengakui senang ada perbaikan jalan di desa tepatnya jalan di Ray 16 tersebut. Karena jalan yang rusak tidak hanya mengganggu tapi juga membahayakan apalagi setelah terguyur air hujan jalan akan sangat licin, Harapannya tidak hanya jalan desa yang mulai untuk diperbaiki, tapi juga Jalan Utama juga segera untuk di perbaiki/di aspal. Karena jalan Utama keadaaannya juga tidak jauh berbeda dengan jalan desa, keadaannya memiliki lubang yang membahayakan para pengendara.
    Selanjutnya »

    Posyandu Balita dan Penyuluhan tentang Kanker Serviks dari Mahasiswa KKN FMIPA Unlam Banjarbaru

  • Penulis: sidekaadmin, 13-07-2017 21:25
  • Foto : Foto bersama mahasiswa KKN dengan petugas Posyandu dan warga Kolam Kanan

    Kegiatan Posyandu Balita Kolam Kanan yang diselenggarakan pada hari Kamis (13/07/2017) dimamfaatkan oleh mahasiswa KKN FMIPA Unlam Banjarbaru untuk mengadakan kegiatan penyuluhan tentang kanker serviks kepada para ibu-ibu. Seperti yang diketahui, Kanker serviks adalah ancaman serius bagi Indonesia, dimana Indonesia menjadi negara nomor 2 penderita kanker serviks tertinggi di dunia dimana setiap harinya setidaknya ada 1 wanita yang meninggal di Indonesia karena kanker serviks. Tindakan pencegahan tentu menjadi pilihan terbaik untuk menghindari kanker serviks.

    Dengan adanya kegiatan penyuluhan tentang kanker serviks ini diharapkan menjadi langkah awal untuk menyadarkan warga Kolam Kanan tentang bahaya kanker serviks dan gejala-gejala awal dari kanker serviks.
    Selanjutnya »

    Penyuluhan tentang Kimia Lingkungan dari Mahasiswa KKN FMIPA Unlam Banjarbaru

  • Penulis: sidekaadmin, 11-07-2017 16:40
  • Foto : Penyampaian materi tentang Kimia Lingkungan kepada warga Kolam Kanan

    Mahasiswa KKN FMIPA Unlam kembali mengadakan acara penyuluhan untuk warga Kolam Kanan.Kali ini bertemakan tentang Kimia Lingkungan. Acara ini diadakan di Posyandu Kolam Kanan bersamaan dengan acara pemeriksaan dan pengobatan Lansia pada Hari Selasa (11/07/2017) pada pukul 10.00 Wita sampai dengan selesai.

    Acara ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada warga Kolam Kanan tentang berbagai Kimia yang ada di lingkungan sekitar. Seperti penggunaan obat semprot nyamuk, peptisida kimia yang dipakai untuk mengusir hama dan lain-lain."Senang bisa berbagi ilmu dengan warga mengenai kimia lingkungan dalam kehidupan sehari-hari" kata Halimah sebagai pemateri dari Kimia Lingkungan.
    Selanjutnya »